Cara Merawat Mouse Supaya Lebih Awet

Bagi pengguna komputer tentu sudah hafal apa itu mouse komputer, suatu alat atau hardware yang terhubung pada komputer dan berfungsi melakukan konversi dan intruksi atau perintah dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer, mouse mulai digunakan seara maksimal sejak sistem operasi komputer telah berbasis GUI (graphical user interface).

Cara Merawat Mouse Supaya Awet dan Penyebab Mouse cepat Rusak

Mouse mengalami perkembangan yang cukup siginfikan, pertama kali muncul bentuk mouse sangat sederhana dengan menggunakan bola sebagai optik dan memakai kabel dengan ujung port serial, hingga pada perkembangan paling mutakhir telah menggunakan sinar laser atau LED untuk mendeteksi pergerakan mouse dan memakai wireless sebagai media penghubung pada komputer.

Artikel kali ini kami akan membagikan tips cara merawat mouse agar lebih awet dan mengetahui penyebab mouse rusak.

Penyebab Mouse Rusak dan Tidak Berfungsi

Semakin lama mouse digunakan akan mengalami penurunan kualitas fungsi, apalagi jika dalam penggunaanya asal dan kurang hati-hati, berikut beberapa sebab mouse rusak dan tidak berfungsi

1. Kabel Atau Receiver Bluetooth / Radio frequency rusak
Penyebab mouse tidak berfungi salah satunya karena media penghubung antara mouse dengan komputer rusak, pada mouse yang masih menggunakan kabel biasanya karena terputusnya serabut pada kabel, dan pada wireless umumnya karena kualitas wireless yang kurang bagus.
2. Optik atau bola (trackball) tidak berfungsi
Biasanya ini terjadi karena ada kotoran yang menempel pada roller sehingga bola tidak menggelinding dengan normal, pada mouse optik hal ini karena sensor optik sudah melemah.
3. Tombol Klik dan scroll rusak 
Jika ini yang terjadi bisa dipastikan mouse mengalami kerusakan pada hardware itu sendiri
4. Baterai habis dan driver USB bermasalah (mouse wireless)
Pada mouse wireless yang tidak berfungsi sering kali karena baterai habis, umumnya usia baterai pada mouse wireless tidak lama, disamping itu driver USB yang bermasalah seperti belum terinstall atau rusak juga bisa menjadi penyebab mouse tidak berfungsi

Tips Merawat Mouse Agar Tidak Cepat Rusak

Untuk memperpanjang usia mouse, berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar mouse lebih awet

1. Jauhkan Mouse dari benda cair
media elektronik apapun sangat berisiko jika terkena benda cair, begitupun mouse bisa rusak jika terkena air, usahakan mouse selalu kering dan tangan anda kering saat memegang mouse.
2. Jangan terlalu kuat / kasar saat menekan tombol klik
Menekan tombol klik atau scroll terlalu keras dan kasar bisa merusak komponen yang terdapat pada mouse, tekanlah tombol dengan cara yang wajar.
3. Gunakan Mouse pad
Mouse pad dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada optik atau trackball pada mouse, roller pada mouse yang rusak biasanya karena penggunaan mouse pada media yang kurang rata.
4. Perhatikan kebersihan optik atau Trackball mouse
selalu memperhatikan kebersihan optik atau trackball bisa membuat mouse lebih awet, bersihkan secara rutin setiap minggu sekali atau tergantung tingkat penggunaan mouse.
5. Posisikan kabel mouse secara aman
Kabel mouse yang rusak biasanya karena kabel tertarik atau terjepi.
6. Gunakan tombol on/off pada mouse wirelles
Pada mouse wireless terdapat tombol on/off yang berfungsi untuk menghidupkan dan menyalakan wireless, matikan setiap kali selesai menggunakan komputer dan hidupkan kembali saat akan menggunakannya.
7. Jangan gunakan mouse biasa untuk bermain game
Saat bermain game dibutuhkan kecepatan klik dan pergeseran pointer, untuk itu dibutuhkan mouse yang memang khusus didesain untuk bermain game.

Demikian artikel Cara merawat mouse agar lebih awet dan tidak cepat rusak, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish