Ciri Template Blog Keren SEO FRIENDLY dan RESPONSIVE

http://kodeinternet.blogspot.com/2015/12/ciri-template-blog-keren-seo-friendly.html

Ciri Template Blog Keren SEO friendly dan responsive Template merupakan bagian yang cukup penting dalam tahap membangun sebuah blog karena template itu sendiri bagian dari optimasi SEO, pada artikel sebelumnya Optimasi SEO Onpage dengan Mudah Terbaru, dijelaskan template termasuk 7 langkah optimasi yang harus diperhatikan dalam SEO onpage, namun sebelum mengganti template blog perlu diketahui ciri template blog keren seo friendly dan responsive.

Apa Itu Template Blog

Bagi blogger pemula mungkin ada yang masih bingung apa yang dimaksud template pada sebuah blog, template blog adalah sebuah program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web yang berbentuk desain halaman blog/website beserta komponennya baik brupa file statis maupun file dinamis.
template blog dapat diganti sesuai selera pemilik blog, namun terlalu sering mengganti template juga tidak baik untuk optimasi SEO onpage, karena setiap template memiliki bentuk dan struktur kode  yang berbeda, beberapa pengalaman dari temen teman blogger setelah mengganti template terjadi penurunan trafik dan page rank, saran dari para pakar SEO ketika mau mengganti template yaitu dengan mengganti template yang lebih seo friendly dan fast loading, karena ketika template baru yang kita pasang lebih seo friendly justru efeknya akan lebih bagus buat optimasi SEO.

6 Ciri Template blog SEO Friendly

Sebelum mengganti template blog, perhatikan beberapa hal berikut:
1. Fast loading
ini adalah hal pertama yang harus kita perhatikan pada sebuah template blog, blog yang cepat dan ringan akan lebih disukai pengunjung, template yang fast loading biasanya tampil lebih simple dengan menghindari memasang banyak widget yang tidak terlalu dibutuhkan oleh pengunjung.
2. Dynamic Heading H1 tag
Tag heading berfungsi untuk memaksimalkan hasil pencarian blog pada search engine, template blog yang mempunyai Tag H1 pada judul artikel atau judul blog lebih SEO friendly, jika berada pada halaman utama/homepage yang menjadi h1 adalah judul blog dan judul artikel h2, jika pada halaman posting yang menjadi h1 judul posting/artikel dan judul blog menjadi h2.
3. Meta tag SEO
Meta tag berfungsi sebagai identitas atau tanda pengenal sebuah blog pada mesin pencari, meta tag berisi meta title, meta description dan keyword.
4. Postingan/artikel di sebelah kiri dan sidebar disebelah kanan
Beberapa pakar SEO berpendapat jika sidebar disebelah kanan dan artikel disebelah kiri akan lebih seo friendly, karena mesin pencari akan mlai mengindeks isi halaman dari sebelah kiri yaitu postingan artikel yang lebih banyak memuat kata kunci.
5. Terdapat Breadcrumbs
Breadcamb berfungsi untuk mempemudah navigasi link pada suatu halaman blog, dengan breadcamb pengunjung akan mengetahui posisi halaman yang sedang dibuka dan akan lebih mudah untuk kembali ke titik awal atau halaman sebelumnya.
Contoh Breadcrumbs:
  • Home > SEO > Judul postingan
6. Mempunyai tombol share social bookmark dan internal link 
Fungsi tombol share mempermudah pengunjung untuk membagikan tautan artikel atau blog ke situs jejaring sosial, dan pastikan template anda memiliki tautan internal seperti related post, newer post atau older post.

Template Blog Responsive (Mobile Friendly)

Seiring perkembangan teknologi gadget yang terus tumbuh, pengguna internet banyak yang memanfaatkan perangkat mobile untuk mengakses internet, bahkan saat ini penggguna perangkat mobile lebih mendominasi perangkat personal computer, dengan alasan tersebut google menambahakan faktor mobile friendly menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan rangking sebuah blog, dan salah satu cara untuk membuat blog menjadi mobile friendly yaitu dengan memasang template responsive.
Template blog responsive yaitu template blog yang secara otomatis dapat menyesuaikan tampilan layar pada semua perangkat yang digunakan untuk mengkases, misalnya ketika kita mengakses blog lewat tablet maka tampilan blog kita akan menyesuaikan dengan layar tablet itu sendiri.
Untuk mendapatkan template blog responsive anda bisa mencari dan download di internet atau situs situs penyedia template blog, kemudian anda pasang atau ganti template lama anda dengan template yang seo friendly dan responsive.
Baca Juga :
Cara Mengganti Template Blog Blogger yang Mudah dan Aman.
4 Template Blog Keren SEO Friendly dan Responsive Terbaik

Cara cek template blog responsive

Untuk mengetahui apakah template blog yang anda gunakan responsive, kita bisa mengeceknya dengan menggunakan tools yang disediakan oleh google webmaster, silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini:
1. Masuk ke halaman Mobile Friendly Tools
2. Masukan URL blog yang akan dicek dan klik tombol Analyze

http://kodeinternet.blogspot.com/2015/12/ciri-template-blog-keren-seo-friendly.html
3. Setelah klik tombol analyze tunggu beberapa saat dan akan diketahui hasilnya, jika blog yang kita cek responsive atau mobile friendly maka ada tulisan Awesome! This page is mobile-friendly.

http://kodeinternet.blogspot.com/2015/12/ciri-template-blog-keren-seo-friendly.html

Demikian artikel ciri template blog keren seo friendly dan responsive, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish